Kamis, 31 Januari 2013

GERAKAN TANPA MAKNA

Dalam pelajaran (latihan) bermain drama atau teater, ada satu hukum atau teori yang mesti dipatuhi, yakni bahwa setiap gerakan (tubuh, bagian tubuh/anggota badan) mestilah mempunyai makna dalam arti: mendukung ucapan atau menggantikan informasi atau gambaran pikiran/perasaan yang tidak terkatakan. Gerakan yang mengandung makna pun ketika takarannya berlebihan tidak diperkenankan, dan biasa disebut overacting. Apalagi, kalau seorang pemain (teater) melakukan banyak gerakan tanpa makna!

Dalam bisnis atau usaha ekonomi, setiap gerakan (baca: tindakan) harus benar-benar diperhitungkan sisi positif dan negatifnya, sisi debit dan sisi kredit-nya. Apalagi tindakan yang memerlukan biaya operasional langsung. Sedangkan tindakan yang tidak memerlukan biaya operasional langsung pun jika tidak diperhitungkan secara matang sangat potensial merugikan. Bukankah ada pepatah, ”Waktu adalah uang”--?

Nah, jika suatu hari anda sedang berada di kampung halaman, cobalah lihat, betapa banyak orang, anak-anak muda, orang-orang dalam usia produktif, melakukan banyak gerakan tanpa makna, atau buang-buang waktu dan ongkos operasional. Para siswa/mahasiswa yang dibelikan motor oleh orangtua untuk dikendarai ke/dari kampus/sekolah ternyata juga menggunakannya untuk ke mana-mana tanpa tujuan dan hasil yang jelas. Anda boleh pula terkejut ketika menyadari bahwa pengeluaran waktu dan biaya operasional yang jelas-jelas tidak membuahkan hasil itu tidak pernah terbukukan/tercatat. Padahal, jika dapat dicatat, dan anda sempat mengamatinya, yakinlah anda akan lebih terkejut lagi!

Di dalam teater, ada gerakan dan/atau ucapan yang direncanakan (seperti tertulis dalam skenario) dan ada pula yang tidak direncanakan, yang biasa disebut dengan istilah ’improvisasi’. Walau tidak direncanakan, improvisasi sering memegang peranan sedemikian pentingnya dalam sebuah lakon. Di dalam bisnis, perubahan-perubahan situasi yang bersifat insidental menuntut pelaku (bisnis) mengambil keputusan dan tindakan secara mendadak pula. Malahan, kecakapan/kecerdasan seseorang itu lebih diukur dari kemampuannya mengambil keputusan/tindakan di dalam situasi baru secara cepat, bukan dari lakunya yang direncanakan secara matang sebelumnya.

Tampaknya, di situlah persoalannya, sehingga walau kita banyak membaca kisah sukses, melihat (dari jauh) bagaimana orang-orang sukses menjalankan bisnisnya, seolah kita selalu kehilangan jejak ketika mencoba untuk mengikutinya. Ketika tampil sebagai narasumber dalam sebuah seminar atau workshop tokoh-tokoh sukses itu juga akan lebih sering berbicara tentang hal-hal yang baku, pakem, sebab tindakan-tindakan cepat yang seolah berjalan otomatis dalam keadaan tertentu, yang lebih bersifat instingtif, memang lebih sulit dipaparkan atau diuraikan dengan kata-kata. Atau, si pelaku sendiri memang tidak pernah ”memikirkannya” sebab ia akan muncul begitu saja (seolah tanpa dipikirkan lagi) ketika muncul situasi tertentu.

Salah satu hal yang menjadikan ”mengikuti jejak orang sukses” menjadi lebih sulit adalah kesalahan kita menafsirkan atau membaca tindakan atau gerakannya. Kita sering terkecoh, misalnya, tindakan atau gerakan yang kita sangka sia-sia ternyata penuh makna atau sebaliknya! Kalau kita berada di barisan penonton pertandingan sepakbola, gerakan penting yang kita sangka tanpa makna itu misalnya adalah yang dilakukan seorang pemain (penyerang): berlari menjauhi gawang ketika kawan satu timnya melakukan tendangan pojok. Eh, ternyata malah bola menuju ke arahnya, dan dengan satu sundulan cantik si kulit bundar itu pun melesak ke gawang lawan: bludhus…..!

0 komentar:

Posting Komentar